Hasil SUrvei Kepuasan Masyarakat
- Berita
- 25 April 2024
- Dimas Diki
Untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo sebagai salah satu penyedia layanan publik di Provinsi Jawa Tengah, maka perlu diadakan survei atau penilaian pengguna layanan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang didapat merangkum data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat. Dengan metode pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat, maka akan didapatkan kualitas data yang akurat dan komprehensif.
Untuk Survei dilakukan beberapa periode dan pada Triwulan I dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2024. Dari hasil survei yang telah dilakukan dari 58 responden dan kebutuhan sampel 158 maka didapatkan Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonsosobo yaitu 91,71 yang termasuk kategori sangat baik (A).
Untuk meningkatkan kualitas pelayan publik maupun pengambilan kebijakan tentang pelayanan publik, Maka masih perlu meningkatkan beberapa sistem pelayanan diantaranya tentang sarana dan sarana penunjang, inovasi dalam pelayanan adminduk, dan waktu penyelesaian dokumen kependudukan. Agar kedepanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.